RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
: SMK Bunda
Auni
|
Mata
Pelajaran
|
: Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X/Genap
|
Materi
Pokok
|
: Teks
Anekdot
|
Alokasi
Waktu
|
: 2 JP X 45
Menit ( 1 x Pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
KD 3.5 Mengevaluasi
teks anekdot dari aspek makna tersirat.
Indikator
3.5.1 Memahami
pengertian teks anekdot.
3.5.2 Memahami
fungsi teks anekdot.
3.5.3 Memahami Tujuan teks anekdot.
3.5.4 Memahami isi dan aspek makna
tersirat dalam teks anekdot.
KD 4.5 Mengonstruksi
makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
Indikator
4.5.1 Menyusun
kembali teks anekdot dengan memperhatikan makna tersirat dalam teks anekdot
yang dibaca.
C. Tujuan
pembelajaran
3.5.1 Siswa mampu memahami isi
teks anekdot.
3.5.2 Siswa
mampu memahami ungsi anekdot.
3.5.3 Siswa
mampu memahami tujuan anekdot.
3.5.4 Siswa mampu memahami isi dan aspek makna
tersirat dalam teks anekdot.
4.5.1 Menyusun kembali teks anekdot dengan
memperhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca.
D. Materi
Pembelajaran
Teks Anekdot
(Pengertian, Fungsi, dan Tujuan)
E. Metode Pembelajaran
1) Demonstrasi
2) Diskusi
3) Tanya Jawab
4) Penugasan
F. Media Pembelajaran
1) Salindia
Materi Teks Anekdot
2) Contoh Teks
Anekdot
3) Lembar Kerja Siswa
4)
Papan Tulis/White Board
5)
LCD dan Laptop
G. Sumber
Belajar
a. Buku
penunjang kurikulum 2013 revisi, mata pelajaran Bahasa Indonesia, kelas X
Kemendikbud 2017 .
b. Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI) edisi V, Versi daring.
c. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10sma/guru/Kelas_10_SMA_Bahasa_Indonesia_Guru_2017.pdf. Diakses
pada, 28-09-2018 19:55.
H. Langkah – langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama 2 JP (90 Menit )
a. Kegiatan
Pendahuluan ( 20 Menit)
1) Guru
mengucapkan salam, siswa
merespons salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk,dan
kerapian meja kursi.
2) Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan literasi dengan membaca buku
yang sudah disiapkan.
3) Guru memeriksa kehadiran siswa
sebagai sikap disiplin
4)
Guru mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
5)
Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu mengevaluasi teks
anekdot dari aspek makna tersirat dan mengonstruksi makna tersirat dalam
sebuah teks anekdot.
6)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
7) Guru menyampaikan lingkup penilaian,
yaitu pengetahuan dan keterampilan.
b. Kegiatan Inti (60Menit)
1) Guru
menjelaskan tentang pengertian, fungsi dan tujuan teks anekdot melalui power point.
2) Guru bersama
siswa
mengamati beberapa contoh teks anekdot.
3) Siswa bertanya jawab dan
berdiskusi tentang teks anekdot dan teks humor.
4) Siswa bertanya jawab dan
berdiskusi tentang teks anekdot dan teks humor.
5) Siswa menganalisis teks tersebut dan mengelompokkan ke
dalam struktur teks anekdot (diberikan lembar kerja per
kelompok (5 orang))
6) Siswa menampilkan dan
mengomunikasikan hasil kerja analisis teks tersebut.
7) Siswa yang lain saling menanggapi
dan menilai hasil karya teman dengan jujur.
c. Kegiatan Penutup (10 Menit)
1)
Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2)
Siswa bersama Guru melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran
khususnya kekurangan.
3)
Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran
menggali danmenemukan informasi teks anekdot.
4) Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya.
I. Penilaian
a.
Kriteria dan
teknik penilaian
-
Penilaian pengetahuan dan
keterampilan
No
|
Aspek yang di nilai
|
Skala skor
|
Jumlah skor
|
Kode nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
||||
1
|
kesesuaian
|
|
|
|
|
|
|
2
|
kesesuaian
|
|
|
|
|
||
3
|
kesesuaian
|
|
|
|
|
||
4
|
kesesuaian
|
|
|
|
|
||
5
|
kesesuaian
|
|
|
|
|
b.
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Kurang Baik
|
Tidak Baik
|
1
|
Kesesuaian rspon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang baik
25 = Tidak Baik
Cara Mencari nilai (N) = Jumlah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah
skor maksimal dikali skor ideal (100)
Mengetahui, Bekasi, 01 Oktober 2018
Kepala
SMA Negeri 30 Jakarta Guru
Mata Pelajaran,
Teti Sunaryati, M.Pd Yuni Apriani
TEKS ANEKDOT
Pengertian Teks Anekdot
Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita
atau kisah yang bisa jadi berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang
ditulis secara singkat, pendek dan lucu tentang berbagai topik seperti
pendidkan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan sebagainya. Dalam teks
anekdot itu sendiri, perlu diketahui bahwa teks anekdot tidak hanya berisikan
kisah-kisah cerita lucu semata melainkan terdapat juga amanat, pesan moral,
serta ungkapan tentang suatu kebenaran secara umum.
Fungsi
Anekdot
Anekdot memiliki beberapa fungsi yakni:
- Fungsi primer, sebagai sarana ekspresi yang
berhubungan dengan ketidakpuasan, kejengkelan, kemarahan dan sebagainya.
- Fungsi Sekunder, sebagai bahan hiburan,
sebagai analogi atau contoh dalam menjelaskan sesuatu sebagai penarik
perhatian dan sebagainyah
Setiap teks pasti mempunyai berbagai jenis. Ya,
seperti halnya teks anekdot. Teks anekdote bisa diklasifikasikan ke dalam beberapa
jenis mulai dari berdasarkan sifat peristiwanya yang dibagi menjadi anekdot
nonfiksi dan anekdot fiksi. berdasarkan tokohnya, anekdot dibagi menjadi tiga
yaitu anekdot tokoh terkenal, anekdot sufi, dan anekdot binatang. Sedangkan
berdasarkan tujuannya anekdote dibagi menjadi tiga yaitu anekdot kritik,
anekdot nasihat dan anekdot hiburan
Anekdot Berdasarkan Sifat Peristiwa
- Anekdot Nonfiksi
Anekdot nonfiksi yaitu teks anekdot yang berisi
atau menceritakan tentang peristiwa nyata antara tokoh dengan latar belakang
sebenarnya. Tetapi, untuk membuktikan bahwa sebuah anekdot berasal dari kisah
nyata atau tidak memang sangat sulit, meskipun sulit tetapi bukan berarti teks
anekdot nonfiksi itu tidak ada. Misalnya saja pengalaman lucu dalam kehidupan
sehari – hari bisa diceritakan kembali sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya
- Anekdot Fiksi
Anekdot Fiksi yaitu teks anekdot yang berisi atau
menceritakan tentang kisah fiksi atau khayal. Dalam teks anekdot fiksi ini
menggunakan tokoh rekaan dan latar rekaan. Tetapi terkadang juga terdapat teks
anekdot dengan tokoh yang asli, tetapi latar yang digunakan bersifat fiktif dan
sebaliknya, terkadang terdapat latar yang asli, tetapi menggunakan tokoh yang
digunakan bersifat fiktif.
Anekdot Berdasarkan Tokoh
- Anekdot tokoh terkenal nonfiksi yaitu
teks anekdot yang dibuat dengan sumber dari kisah – kisah nyata dengan
tokoh – tokoh terkenal, anekdot ini biasanya diceritakan sendiri oleh
tokoh yang bersangkutan atau orang lain yang mengetahui kejadian yang
sebenarnya.
- Anekdot tokoh terkenal fiksi yaitu anekdot
yang menceritakan tentang tokoh terkenal yang merupakan rekaan dari
pengarangnya. tokoh yang ada di dalam cerita ini bisa diambil dari tokoh
film, tokoh novel, bahkan tokoh dongeng
- Anekdot sufi yaitu anekdot yang berisi tentang
kisah – kisah sufi atau tokoh agama. Anekdot sufi menceritakan tentang
pengalaman – pengalaman sehari – hari dari seorang sufi. Sedangkan sufi
yang diceritakan dalam teks anekdot ini bersifat nonfiksi bisa juga fiksi.
- Anekdot binatang yaitu teks anekdot yang isi
dari ceritanya menggunakan tokoh seekor binatang. Tetapi, anekdot ini
mengumpamakan binatang seperti layaknya manusia. dalam anekdot ini
binatang bisa berbicara dan berfikir layaknya seperti manusia. Anekdot ini
sering digunakan untuk menceritakan nilai – nilai dalam kehidupan. Tetapi,
anekdot ini juga bisa berisi tentang mengkritik seseorang.
Anekdot Berdasarkan Tujuan
- Anekdot Kritik yaitu anekdot yang bertujuan
untuk mengkritik seseorang atau suatu kelompok. Biasanya, anekdot kritik
lebih sering digunakan untuk mengkritik pemerintah pada suatu negara.
Bahkan, aneksdot kritik ini juga dapat ditujukan kepada siapapun.
- Anekdot Nasihat yaitu anekdot yang ditulis
dengan tujuan menasehati. dalam anekdot nasihat ini terkandung beberapa
nilai – nilai kehidupan
- Anekdot Hiburan yaitu anekdot yang bertujuan
untuk menghibur banyak orang. Anekdot ini sering digunakan untuk sekedar
bercanda. Anekdot hiburan juga biasa digunakan untuk menjalin keakraban
antara pembicara dengan pendengar
Tujuan Teks Anekdot
Seperti kita ketahui teks anekdot juga memiliki
tujuan yang di tujukan untuk pembaca dalam setiap kisah cerita yang ditulis.
Tujuan-tujuan tersebut merupakan latar belakang bagi pengarang atau penulis
untuk menulis sebuah teks anekdot. Berikut di bawah ini merupakan
beberapa tujuan dari penulisan teks anekdot.
1.
Untuk
membangkitkan tawa bagi pembacanya.
2.
Sebagai saran
penghibur.
3.
Sebagai saran
pengkritik.
Contoh Tesk Anekdot
Tukang Roti
Suatu hari ada tukang roti yang
lewat depan rumah, terus teman gue si Enggar manggil. Tidak lama kemudian
tukang roti tersebut datang menghampiri kami yang lagi duduk santai di taman
depan rumah.
Enggar : “Roti apa
aja yang ada bang ?”
Tukang Roti :
“Macam-macam, dek.”
Enggar : “Yang ini
roti rasa apa yah bang ?”
Tukang Roti : “Yang ini
coklat.”
Enggar : “Kalau
yang ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti : “Ini rasa
strawberry dek.”
Enggar : “Kalau
ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti : “Kalau yang
ini rasa nanas dek.”
Enggar : “Terus
rotinya mana bang ? dari tadi kok ngomongnya buah-buahan terus ? emangnya abang
jual buah apa jual roti ? Kalo kaya gini caranya gue enggak jadi beli bang.”
Tukang Roti : *Hening*
Seketika itu tukang roti mendadak pingsan.
Soal
1.
Tuliskan
pengertian dari teks anekdot !
2.
Apa
sajakah Fungsi teks anekdot ?
3.
Sebutkan
tujuan dari teks anekdot ?
4.
Apa
sajakah teks anekdot berdasarkan tokoh ?
5.
Buatlah
contoh teks anekdot !
Numpang promo ya Admin^^
BalasHapusajoqq^^com
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajopk.club....^_~
segera di add Whatshapp : +855969190856